Optimalisasi Penanganan Gangguan Keamanan dan…

image description
image description
image description
image description
image description
image description

icon    icon Inovasi Daerah    icon Administrator   

Optimalisasi Penanganan Gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Kelurahan Pattene Kecamatan Wara Utara Kota Palopo

Kelurahan Pattene, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo adalah salah satu dari 48 Kelurahan yang ada di Kota Palopo. Sebagai sentra pelayanan publik yang paling dekat dengan masyarakat, Kelurahan dalam hal ini dituntut untuk menciptakan dan menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang kompleks dan modern yang membutuhkan strategi yang optimal guna meningkatkan perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) secara utuh dalam kehidupan bermasyarakat, guna mengatasi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Kelurahan Pattene yang meningkat/menonjol.

Tim pengumpul data telah menerima data dan informasi yang terdiri dari data perorangan dari 200 warga, 5 kasus perjudian, 3 kasus pencurian, 2 kasus perkelahian, 20 kasus minuman keras (Miras) dari setiap potensi wilayah di Kelurahan Pattene. Data informasi tersebut keseluruhannya telah diproses untuk memudahkan dalam penanganan terhadap pengambilan kebijakan, meskipun demikian penanganan gangguan tersebut diupayakan penyelesaiannya di kantor Kelurahan bersama dengan setiap instansi pemerintah, lembaga masyarakat yang terlibat dapat penanganan secara bersama dalam lingkup kelurahan. Setiap bukti otentik kegiatan pengumpulan data dan informasi disimpan dengan baik dan akan diproses dengan berbagai kebijakan sebagai langkah antisipasi terhadap gangguan. Diproses dalam lingkup interen sebagai bukti pertanggungjawaban.

Selain tersedianya sarana data dan informasi Kelurahan dalam aksi perubahan ini, juga telah menghasilkan suatu mekanisme pemanfaatan stakeholder terhadap pengambilan kebijakan di Kelurahan Pattene sebagai upaya mengatasi permasalahan yang selama ini telah terjadi dengan tindakan penanggulangan secara maksimal. Hasil yang dicapai selama pelaksanaan aksi perubahan ini diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan yang tepat sasaran dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat yang berpedoman pada basis data yang relevan, akurat, tepat waktu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sebelum Implementasi inovasi OPTIMALISASI PENANGANAN GANGGUAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT DI KELURAHAN PATTENE KECAMATAN WARA UTARA KOTA PALOPO kondisi adalah tingginya tuntutan masyarakat terhadap rasa keamanan dan  ketertiban, meningkatnya kasus perkelahian ditengah masyarakat akibat minuman keras (Miras), semakin bertambahnya penyebaran berita bohong (Hoax).

Meningkatnya kasus Narkoba, Meningkatnya kasus perjudian (kasus sabung ayam), Kurangnya sarana Poskamling (Pos Keamanan Lingkungan), Kurangnya peran aktif dari aparat dan pemerintah.


Copyright © 2023 Made with by Balitbangda Kota Palopo